Thursday, December 29, 2011

Humor Gus Dur Saat 3 Hari Menjelang Wafat

JAKARTA- Mantan Presiden Republik Indonesi, KH Abdurrahman Wahid selama ini dikenal sebagai sosok yang sering melontarkan cerita-cerita humor yang bisa membuat orang terbahak-bahak. Bahkan, tiga hari menjelang kematiannya, Gus Dur, panggilan KH Abdurahman Wahid juga sempat berkelakar dengan rekan-rekan dan Asistennya.

Banyak cerita seputar kematian Gus Dur. Termasuk yang dikisahkan Ketua Panitia Haul ke-2 KH Abdurrahman Wahid, Bambang Susanto di kantor DPP Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2011).

Bambang yang pernah menjadi juru bicara Gus Dur itu mengatakan, tiga hari sebelum wafat, Gus Dur sempat mengutarakan keinginannya untuk 'cuti' dari sakit yang dideritanya. "Ketika itu 27 Desember 2009, hari Minggu tepat tiga hari sebelum beliau wafat, saya diperintah jam 09.00 WIB agar ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Gus Dur mengatakan akan cuti dari sakit. Alasannya Gus Dur merasa sehat dan ingin segera ke kantor PB NU," kata Bambang.

Bambang menuturkan, dirinya pun langsung menghadap Gus Dur. "Kebetulan Pak Sulaiman, aspri Gus Dur libur ketika itu. Saya pun akhirnya mengantarkan beliau ke PBNU, tapi sebelum berangkat ke PBNU, suster juga sempat marah-marah. Akhirnya, suster pun mengerti dan bisa dijelaskan sama Gus Dur," singkatnya.

Di kantor PBNU, kata Bambang, Gus Dur tak banyak melakukan aktivitas. "Hanya menonton TV Al-Jazeera, waktu itu suka Al-Jazeera dan CNN," katanya.

Di saat asyik menonton itu, Bambang mencoba untuk mengingatkan jadwal pengobatan gigi Gus Dur yang memang harus dioperasi. Salah satu gigi Gus Dur memang harus diekstarsi atau operasi pencabutan gigi. Tapi ketika diingatkan, Gus Dur menjawab dengan candaan.

"Saya ingatkan agar bapak mau Operasi gigi. Eh Gus Dur malah cerita ke saya, Mas di Jombang ada pak Sadi, tukang gigi, enggak usah dioperasi bisa sembuh, dia itu sakti," kata Bambang lantas tertawa.

Tiga hari setelah itu, 30 Desember 2009 Gus Dur menghembuskan nafas terakhir di RSCM, Jakarta Pusat.

http://news.okezone.com/read/2011/12...enjelang-wafat

Ansor Gelar Halaqah dan Haul Gus Dur


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor dalam rangka haul ke-2 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) akan menyelenggarakan Halaqah Kiai Muda Ansor di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang Jawa Timur pada hari Kamis-Jumat, 29 hingga 30 Desember 2011.

Halaqah Kiai Muda di Jombang ini, menurut Ketua Umum PP GP Ansor, Nusron Wahid di Jakarta, Selasa (27/12), merupakan lanjutan dari halaqah yang sebelumnya sudah diselenggarakan di Yogyakarta, Rembang dan Cirebon. Halaqah kali ini mengangkat tema Konsep Kepemimpinan NKRI dalam perspektif Aswaja.

Halaqah ini sekaligus ingin melakukan refleksi terhadap maraknya kasus money politics dalam setiap proses politik, dan sekaligus ingin meneladani proses politik yang pernah dilakukan Gus Dur sehingga dalam menjadi Presiden RI, Gus Dur tidak mengeluarkan uang se-rupiahpun untuk money politics.

Dalam halaqah ini akan hadir Kiai Muda Ansor seluruh Indonesia, tidak kurang dari 450 Kiai Muda dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Banten, Lampung, Sumatera utara, Jambi, kalimantan, Nusa Tenggara barat dan Sulawesi akan hadir di Jombang untuk bertukar fikiran mengenai dua permasalahan pokok tersebut.

Ulama dan tokoh senior yang akan dimintai masukan dalam halaqoh ini di antaranya KH. Maimun Zubair (Sarang Rembang), KH. A. Mustofa Bisri (Rembang), KH. Anwar Iskandar (Kediri) KH. Malik Madani (Yogyakarta), Prof. Dr. M. Mahfud MD (Mahkamah Konstitusi), Prof. Muhammad Nuh (Mendikbud RI), Drs. Asad Said Ali ( PBNU).

Diharapkan Kiai Muda Ansor dalam Halaqah ini akan dapat menghasilkan fatwa tentang konsep kepemimpinan dan fatwa tentang money politics sebagai rujukan bagi Umat Islam, khususnya bagi anggota GP Ansor dalam menentukan sikap dan tindakan yang sesuai dengan syariah Islam.

http://suaramerdeka.com/v1/index.php...n-Haul-Gus-Dur

tidak terasa udah haul yang ke 2 bapak pluralisme indonesia :berdukas

[imagetag]

charzaku2f 29 Dec, 2011

Mr. X 29 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/humor-gus-dur-saat-3-hari-menjelang.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment