Saturday, December 31, 2011

KALEIDOSKOP Sepakbola Indonesia 2011 & Menuju 2012

Tahun 2011 merupakan tahun yang penting bagi sepakbola Indonesia, tapi sayangnya itu menjadi penting karena pengulangan kegagalan yang terjadi pada timnas dan PSSI. Ironisnya, keburukan ini lebih banyak mencuri perhatian ketimbang performa pemain.

Timnas Indonesia misalnya, baik di level senior mau pun junior. Tim Merah Putih mendapat julukan baru, yaitu 'juara tanpa mahkota.'

Bagaimana tidak. Untuk timnas Indonesia U-23 misalnya, setelah tampil bagus di sepanjang putaran grup SEA Games ke-XXVI, juga di sejumlah ujicoba, namun di laga final, Egi Melgiansyah dkk hanya bisa meraih medali perak setelah takluk lewat drama adu penalti oleh Malaysia.

Sementara timnas senior Indonesia lebih meraih kesuksesan dengan lolos ke babak ketiga Pra-Piala Dunia 2014 zona Asia. Langkah tersebut menjadi langkah positif karena bisa berkompetisi dengan sejumlah raksasa Asia. Akan tetapi, di babak ini tim asuhan Wim Rijsbergen tak banyak berbicara. Di Grup E, Indonesia hanya menjadi bulan-bulanan tim lain dan harus menghuni dasar klasemen dengan lima kekalahan.


Tahun ini, kompetisi sepakbola di Indonesia memasuki masa transisi. Hal ini tak bisa dilepaskan terjadinya reshuffle di jajaran petinggi PSSI. Kompetisi kasta tertinggi di Indonesia yang musim lalu diberi nama Superliga Indonesia (ISL) diganti namanya menjadi Liga Prima Indonesia pada awal Oktober.

Namun proses transisi tidak berjalan mulus. Saat ini berjalan dua kompetisi, di mana masing-masing penyelenggara mengklaim menjadi kompetisi resmi sepakbola di Indonesia. Sampai saat ini belum ada indikasi akan ada penyamaan visi dan misi kompetisi dari masing-masing penyelenggara untuk mengembangkan dan memperbaiki kualitas sepakbola Indonesia.

Sementara di level internasional, ada kabar positif dari wakil-wakil Indonesia yang berkaga di kompetisi antarklub Asia. Persipura Jayapura, yang merupakan juara Superliga Indonesia 2010/11, menjadi tim Indonesia pertama yang bisa melangkah ke perempat-final Piala AFC, Liga Euroa-nya Asia. Sementara Sriwijaya FC juga bisa lolos ke 16 besar.

Sementara Arema Indonesia mengalami kesulitan bermain di Liga Champions Asia. Berada satu grup dengan raksasa Asia seperti Jeonbuk Hyundai Motors, Cerezo Osaka dan Shandong Luneng, Arema mengakhiri fase grup dengan berada di dasar klasemen.

KALEIDOSKOP...
=== JANUARI ===

3 Januari - PT Liga Indonesia menjatuhkan sanksi degradasi kepada tiga tim, Persibo Bojonegoro, Persema Malang dan PSM Maksaar karena memutuskan untuk hengkang ke Liga Primer Indonesia.

8 Januari - Liga Primer Indonesia dibuka dengan laga Persema Malang kontra Solo FC di Manahan Solo. Persema meraih kemenangan 5-1 atas tuan rumah.

21 Januari - Kongres PSSI digelar di Hotel an Pasific, Tanah Lot, Bali. Kongres ini merupakan kongres tahunan kepengurusan PSSI periode 2007-2011. Kongres berlangsung dua malam.

30 Januari - PSSI mendapatkan surat elektronik yang dikirimkan Eli Cohen. Surat kaleng yang dialamatkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ditembuskan kepada Menteri Olahraga, Ketua KPK, Ketua DPR, serta Ketua KONI yang menyebutkan sejumlah dugaan adanya praktik jual beli pertandingan timnas Indonesia yang dilakukan pejabat teras PSSI kepada bandar judi kelas kakap di Malaysia mulai beredar luas di dunia maya.

31 Januari - Legenda sepakbola Indonesian, Fan tek Fong meninggal dunia. Bintang sepakbola Indonesia di era 1960 dan 1970an itu, di mana dia pernah bermain bersama Soetjipto Soentoro, Abdul Kadir, dan Yakob Sihasale, meninggal dunia karena serangan jantung.

=== FEBRUARI ===

2 Februari - KSAD Jenderal TNI George Toisuta secara resmi didaftarkan ke PSSI untuk maju sebagai calon ketua Umum organisasi sepakbola Indonesia itu.

5 Februari - Manajer timnas Indonesia U-23, Adji Massaid meninggal dunia di Rumah Sakit Fatmawati.

=== MARET ===

2 Maret - FIFA menginstruksikan kepada PSSI untuk menggelar Kongres Pemilihan atau Kongres Luar Biasa PSSI, menyusul kisruh yang terjadi di sepakbola Indonesia. Selain itu FIFA meminta agar Nurdin Halid tak lagi maju dalam pencalonannya sebagai ketua umum PSSI periode 2011-2015. FIFA meminta PSSI menggelar Kongres Pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 sebelum 30 April.

5 Maret - Penyerang Timnas Indonesia, Cristian "El Loco" Gonzales dinobatkan sebagai atlet favorit pilihan pembaca Tabloid BOLA 2010.

8 Maret - FIFA melarang Nurdin Halid, Arifin Panigoro, Nirwan Bakrie, dan George Toisutta untuk dicalonkan pada Kongres PSSI yang mengagendakan pemilihan ketua dan wakil ketua serta anggota Komite Eksekutif (Exco) periode 2011-2015.

26 Maret - Kongres PSSI diselenggarakan di hotel The Premier, Pekanbaru. Namun dalam penyelenggaraannya, kongres dibatalkan di tengah jalan. Keadaan yang sudah tidak kondusif karena masuknya sejumlah kelompok orang ke arena kongres.

28 Maret - Persiapan timnas Indonesia U-23 untuk SEA Games 2011 akan diambil alih KONI/KOI, menyusul ricuh yang terjadi pada kepengurusan PSSI. Hal ini ditegaskan Menpora Andi Mallarangeng.

=== APRIL ===

6 April - Komite Normalisasi PSSI dibentuk dengan Agum Gumelar menjadi ketuanya. Komite Normalisasi juga telah menetapkan pelaksanaan kongres pemilihan ketum, waketum, dan anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 pada 20 Mei.

11 April - Nugraha Besoes mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekjen PSSI. Posisinya langsung diisi oleh Djoko Driyono.

=== MEI ===

2 Mei - Andi Darussalam Tabusalla memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai presiden direktur PT Liga Indonesia.

12 Mei - FIFA memutuskan untuk merombak susunan Komite Normalisasi dengan mengganti lima anggotanya. Perombakan ini terjadi karena FIFA menilai lima anggota Komite Normalisasi berafiliasi kepada Liga Primer Indonesia.

Mereka yang diganti adalah Dityo Pramono, Siti Nurzanah, Sukawi Sutarip, Samsulashar, dan Satim Sofyan dan digantikan oleh Rendra Krisna (Presiden Kehormatan Arema FC), Sumaryoto (mantan Ketua Pengprov PSSI Jawa Tengah), Baryadi (Ketua Umum Pengprov PSSI Sumatera Selatan), dan Sinyo Aliandoe (mantan Pelatih Tim Nasional).

20 Mei - Kongres Akbar PSSI digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Tapi sejak awal sudah terjadi ricuh di dalam ruangan. Kongres akhirnya ditutup karena deadlock dan suasana yang sudah tidak kondusif.

http://www.goal.com/id-ID/news/2279/...11-menuju-2012

JabirAku 31 Dec, 2011

Mr. X 31 Dec, 2011
-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2011/12/kaleidoskop-sepakbola-indonesia-2011.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment