Saturday, December 31, 2011

Madiun Akan Pecahkan Rekor MURI Dengan Madumongso Terpanjang Dan Nasi Pecel 9000 Pincuk Pada Malam Tahun Baru 2011

Madiun Akan Pecahkan Rekor MURI Dengan 
Madumongso Terpanjang Dan Nasi Pecel 9000 Pincuk 
Pada Malam Tahun Baru 2011


[imagetag]
Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, akan membuat rekor pembuatan madumongso terpanjang menjelang Tahun Baru 2012 di alun-Alun Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 31 Desember 2011.

"Gelar madumongso terpanjang ini, juga akan dicatatkan di Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai madumongso terpanjang dengan panjang mencapai 1,5 kilometer," ujar Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Madiun, Edy Hermayanto, Rabu.

Menurut dia, gelar rekor madumongso terpanjang ini bertujuan untuk memberdayakan industri kecil menengah (IKM) yang ada di Kota Madiun, terlebih industri rumah tangga madumongso yang belum banyak dikenal masyarakat.

"Diharapkan, kedepannya nanti bisa menyamai ketenaran sambal pecel sebagai ikon Kota Madiun. Sehingga, para pendatang saat berbelanja sambal pecel tak lengkap jika tidak membeli madumongso," kata Edy.

Ia menjelaskan, banyak industri rumah tangga yang memproduksi madumongso di Kota Madiun. Jajanan dari tape ketan hitam ini banyak diborong warga dari luar kota saat Idul Fitri ataupun Natal sebagai oleh-oleh. Ada juga yang dikirim untuk dijual di kota-kota besar.

"Selama ini tidak diketahui bahwa produksi madumongso di Kota Madiun mencapai 2 ton per hari dengan omzet jutaan Rupiah. Hal ini yang perlu dikembangkan," jelas Edy.

Ia menambahkan, guna menyukseskan kegiatan ini, dibutuhkan bahan baku ketan hitam sebanyak 1,5 ton. Pengerjaannya akan melibatkan sekitar 1.500 ibu anggota PKK yang berasal dari 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun.

Adapun dana yang dibutuhkan untuk kegiatan ini mencapai Rp35 juta yang diambilkan gabungan dari APBD pemda setempat, donatur, dan juga sponsor.

Selain gelar rekor madumongso terpanjang, Pemkot Madiun juga akan menggelar rekor nasi pecel terbanyak. Yakni mencapai 9.000 pincuk. Masyarakat Kota Madiun diharapkan hadir di Alun-Alun Kota Madiun dan ikut menyukseskan acara kali ini.

Sementara, guna mengamankan kegiatan ini, Kepolisian Resor (Polres) Madiun Kota telah menurunkan sekitar 600 personelnya. Ratusan personel ini akan disebar di sejumlah titik berkumpulnya massa.

"Pengamanan terbanyak pada pergantian tahun baru akan dipusatkan di Alun-Alun Kota Madiun. Karena lokasi tersebut akan digunakan untuk kegiatan rekor MURI madumongso terpanjang dan nasi pecel terbanyak pada pagi harinya. Sedangkan malam jelang pergantian tahun ada hiburan rakyat di lokasi setempat," ujar Kasat Sabhara, Polres Madiun Kota, AKP Baru Sutrisno.

Pihaknya berharap, perayaan pergantian Tahun Baru 2012 di Kota Madiun dan sekitarnya dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya tanpa ada gangguan ketertiban.[imagetag]

noreply@blogger.com (bodrex caem) 31 Dec, 2011

Blogger 31 Dec, 2011
-
Source: http://bukanklikunic.blogspot.com/2011/12/madiun-akan-pecahkan-rekor-muri-dengan.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment