Wednesday, December 21, 2011

Perbedaan Cumi-cumi, Gurita dan Sotong

Tau ga bedanya? Kalo saya ga tahu. Bagi saya sotong dan cumi hanyalah nama dari 1 jenis hewan yang sama. yang masuk dalam kelompok Cephalopoda. Ga taunya ternyata dua hewan ini beda.

Keduanya memang punya 8 lengan pendek dan 2 lengan panjang yang disebut tentakel yang merupakan ciri khas Cephalophoda alias berkaki di kepala. kedua hewan ini juga pemangsa hewan lain yang lebih kecil. Keduanya juga mempunyai kemampuan untuk berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya melalui perubahan warna tubuh. Mereka berdua juga akan menyemprotkan tinta jika terdesak musuh. Kedua hewan ini juga berdarah biru karena darahnya banyak mengandung copper (tembaga).
[imagetag]


Sotong berasal dari Ordo Sepiida. Nama kerennya adalah Cutlefish. Ia memiliki tubuh yang pipih dan dan memiliki cangkang yang keras. Salah satu ciri khasnya adalah memiliki cuttlebone yaitu semacan tulang melebar yang membantu memberikan bantuan buat sotong untuk melayang. Namun Sotong cenderung untuk dekat dengan dasar laut. Pupil mata Sotong berbentuk W
[imagetag]

(c) Hans Hillewaert

Cumi-cumi berasal dari OrdoTeuthida. Beda dari Sotong, tubuhnya membulat dan mempunyai semacam cuping di kiri kanan badannya. Nama kerennya adalah Squid. Cumi-cumi merupakan perenang kuat, beda dengan sotong yang cenderung di dasar perairan. Cumi-cumi memiliki lensa mata yang keras.

Kedua hewan ini enak dimakan. Gulai, tumis hitam, goreng Calamari. Nyuuuummmiiiiii

grobakz 21 Dec, 2011

Admin 21 Dec, 2011


--
Source: http://kamar-asik.blogspot.com/2011/12/perbedaan-cumi-cumi-gurita-dan-sotong.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment