Wednesday, December 14, 2011

Tips Atasi Ketakutan di Pesawat Terbang

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
img
Siapa sih yang tidak suka jalan-jalan? Tentunya sangat menyenangkan dapat bepergian ke berbagai daerah untuk mengilangkan kepenatan. Sayangnya, ada sebagian orang yang takut berpergian dengan pesawat terbang. Sehingga kesempatan untuk bisa jalan-jalan keluar negeri pun terbatas dan tidak bisa menikmati perjalanan.

Hal tersebut dinamakan Aerophobia, yaitu keadaan dimana seseorang takut berada di dalam pesawat atau benda terbang lainnya. Jika Anda termasuk penderita Aerophobia, jangan biarkan ketakutan itu membuat Anda seperti katak dalam tempurung yang tidak tahu dunia luar.

Dikutip dari Helium, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut saat terbang dengan pesawat. Bagaimana caranya?

1. Jangan Terbang Sendiri
Ajaklah teman agar merasa lebih nyaman dalam penerbangan. Mungkin teman Anda tidak mengetahui penyakit takut terbang Anda tapi bersikaplah normal seolah-olah tidak ada masalah dengan penerbangan kalian. Namun, jika teman Anda tahu akan phobia Anda maka mintalah dia untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa takut tersebut.

2. Sibukkan Diri
Menghitung setiap detik, menit dan jam di ruangan tertutup yang berada di atas ketinggian 4000 kaki merupakan kegiatan yang membosankan. Perjalanan akan terasa lebih cepat jika Anda melakukan kegiatan untuk menghilangkan rasa takut. Membaca buku atau majalah misalnya, akan membuat Anda berkonsentrasi pada kalimat-kalimat yang Anda baca dan tak terasa pesawat sudah mendarat.

3. Rileks
Alihkan ketakutan Anda dengan DVD player yang ada di depan kursi Anda. Dengarkan musik dan tontonlah film selama penerbangan. Buat diri Anda senyaman mungkin dengan adanya hiburan yang sudah disediakan maskapai. Tidak lupa keraskan volume earphone agar Anda tidak mendengar suara mesin pesawat yang membuat Anda takut.

Sempatkan diri Anda untuk melakukan meditasi di kursi penumpang selama yang Anda butuhkan. Tarik napas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan akan memberi udara baru pada otak kita.

4. Tidur
Penerbangan memakan waktu lama? Sudah bosan dengan dengan segala aktivitas untuk mengalihkan rasa takut? Cobalah untuk tidur. Tidur dapat meminimalisasi rasa takut Anda. Jangan lupa untuk membawa bantal atau boneka kesayangan Anda. Selain dapat menyegarkan tubuh dan pikiran, waktu tidak akan terasa begitu lama.

5. Pesawat Sama dengan Mobil
Adanya ketakutan pada ketinggian dan timbulnya kecemasan yang luar biasa dapat terjadi pada penderita Aerophobia. Berpikirlah Anda tidak sedang terbang di udara melainkan berada di dalam mobil yang biasa Anda naiki dari rumah menuju kantor Anda. Pikirkan mobil Anda yang selalu melewati tempat-tempat yang Anda suka

sumber:http://www.wolipop.com/read/2011/04/21/133807/1622757/859/tips-atasi-ketakutan-di-pesawat-terbang?w992201858

up2det 14 Dec, 2011


--
Source: http://www.jelajah.up2det.com/2011/12/tips-atasi-ketakutan-di-pesawat-terbang.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment