Tuesday, January 31, 2012

Eks Koruptor Diusulkan Tak Boleh Jadi Caleg

JAKARTA - Pantia Kerja RUU Pemilu telah menyetujui klausul mantan narapidana bisa mencalonkan diri sebagai anggota DPR, DPRD dan DPD. Namun, muncul usulan agar klausul itu dikecualikan bagi mantan narapidana korupsi.

"Kita harus mengeliminasi kehadiran mereka (narapidana kasus korupsi-red) kembali dalam politik. Kejahatan mereka merupakan kejahatan terhadap negara," kata Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) untuk Indonesia, Ray Rangkuti, Senin (30/1/2012).

Menurut Ray, menjadi aneh kalau mereka yang telah menjahati negara dengan kejahatan yang paling jahat (korupsi), tetapi masih dimungkinkan untuk kembali dapat menempati posisi-posisi penting di negara.

"Para koruptor sudah harus diasingkan dari politik. Karena politik yang merupakan hajat besar dan titik pertemuan kepentingan setiap warga negara dalam kebaikan-kebaikan sosial," ujarnya.

"Korupsi adalah pengkhianatan atas komitmen sosial itu. Dan pelakunya sudah selayaknya diasingkan dari komunitas politik itu," tegasnya.

Panja Pemilu dalam revisi UU Pemilu merumuskan hak dipilih napi berdasarkan putusan MK pada tahun 2009 terkait uji materi 3 pasal di UU tentang Pemilu dan Pemda. Putusan itu membolehkan mantan terpidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau lebih dapat penjadi peserta pemilu. Uji materi itu diajukan oleh Robertus, eks terpidana kasus pembunuhan di Pagar Alam, Sumsel.

Berbekal putusan MK itu, Robertus berniat ikut Pemilu 2014. Meski demikian, putusan pada 3 pasal itu dinyatakan inskonstitusional bila tak memenuhi empat syarat yang ditetapkan MK yaitu:

1. Tak berlaku untuk jabatan publik yang dipilih (elected officials);
2. Berlaku terbatas jangka waktunya hanya selama lima tahun sejak terpidana selesai menjalani hukumannya;
3. Dikecualikan bagi mantan terpidana yang secara terbuka dan jujur mengemukakan kepada publik bahwa yang bersangkutan mantan terpidana;
4. Bukan sebagai pelaku kejahatan yang berulang-ulang (residivis).


sumber

sandy1305 31 Jan, 2012

Admin 31 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/eks-koruptor-diusulkan-tak-boleh-jadi.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment