Friday, January 13, 2012

Jupe Ritual Nyekar di Cepuri Parangkusumo Fotografer

Artis Julia Peres yang akrab disapa Jupe didampingi para penunggu (kuncen), melakukan ritual nyekar dan semedi di Cepuri Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta, Kamis (12/01) dinihari. Aksi ini terkait film horornya "Rumah Bekas Kuburan".


Jupe didampingi para penunggu (kuncen), melakukan semedi dengan sesajian yang disediakan di kawasan Cepuri Parangkusumo. Rengga Sancaya/detikcom.


Ketika masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya melakukan ritual Sela Sengker (di kawasan Cepuri) maka ada tiga penunggu yang dipercayai oleh para pelaku ritual. Rengga Sancaya/detikcom.


Mereka yang menunggu Sela Sengker (batu kecil) adalah Mbok Rara Kidul sebagai pembantu Ratu Kidul. Mbok Nyi Roro Kidul merupakan Wakil Ratu Kidul atau Gusti Kanjeng Ratu Kidul, sebagai penguasa laut selatan. Rengga Sancaya/detikcom.


Ikuti Suzanna, Jupe memakan daun melati sebelum memasuki tahap ritual semedi. Rengga Sancaya/detikcom.


Jupe melakukan tabur bunga melati. Rengga Sancaya/detikcom.


Pukul tiga kali batu sengker. Setelah melakukan doa di batu sengker, maka seluruh sesajian yang dipersembahkan untuk Gusti Kanjeng Ratu Kidul maka akan dilabuh di Pantai Parangkusumo yang jaraknya 300 meter selatan Cepuri. Rengga Sancaya/detikcom.
sumber

up2det 13 Jan, 2012


-
Source: http://www.apakabardunia.up2det.com/2012/01/jupe-ritual-nyekar-di-cepuri.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment