Tuesday, January 31, 2012

Pengangguran Di Dunia Sebanyak 1,1 Miliar Orang

[imagetag]
108CSR.com - Baru-baru ini Organisasi Buruh Internasional ILO (International Labour Organisation) mencatat terdapat 29 juta orang penganggur baru di seluruh dunia akibat melambatnya perekonomian dunia sejak 2009. Sehingga jumlah pengangguran di dunia jika dibandingkan tahun lalu meningkat dari 6 persen menjadi 6,9 persen yaitu mencapai 225 juta orang. Ironisnya, menurut laporan ILO secara global sekitar 1,1 miliar orang menganggur dan hidup dalam kemiskinan.

Dalam laporannya ILO menyebut Kondisi pasar tenaga kerja pada 2012 ini akan makin memburuk dibandingkan tahun 2011 lalu. ILO menyebut situasi ini sebagai sebuah tantangan mendesak sebab negara-negara dunia harus mencetak sedikitnya 600 juta lapangan kerja selama satu dekade ke depan.

Memburuknya kondisi lapangan kerja ini disebabkan perekonomian dunia yang masih cenderung melemah. Bahkan, ILO menambahkan secara global sekitar 1,1 miliar orang menganggur dan hidup dalam kemiskinan.

"Di samping upaya berbagai negara, krisis lapangan kerja masih belum teratasi dan 1,1 miliar orang akan menganggur atau hidup dalam kemiskinan," kata Direktur Jenderal ILO Juan Somavia.

"Perkiraan kami kondisinya akan jauh lebih pesimistis dibanding tahun lalu dengan kemungkinan pelambatan pertumbuhan ekonomi yang serius," tambah pengamat ekonomi senior ILO Ekkehard Ernst.

ILO menambahkan generasi muda tetap menjadi kelompok yang paling menderita akibat krisis lapangan kerja dan masa depan sebagian besar dari mereka buram.

"Berdasarkan pengamatan ini, hanya sedikit harapan terjadinya perkembangan substansial dari prospek mendapatkan pekerjaan dalam waktu dekat," papar laporan itu.

Sementara itu seperti yang dirilis dari Sky News Live, Kantor Statistik Nasional Inggris menyebutkan, jumlah lonjakan pengangguran berada di angka 114.000 orang dalam tiga bulan terakhir hingga mencapai 2,57 juta pada Agustus 2011, atau tertinggi sejak Oktober 1994.

Tercatat, rata-rata pengangguran mencapai 8,1%, tertinggi sejak 1996. Jumlah pengangguran kaum muda naik menjadi 991.000 orang atau tertinggi sejak 1992. Angka tersebut membuktikan bahwa rata-rata pengangguran usia 16 tahun-24 tahun naik menjadi 21,3%.

Dikatakan bahwa perusahaan swasta gagal dalam meningkatkan lapangan kerja sektor publik, sehingga menyebabkan hal itu terjadi. Dan akhirnya menambah tekanan terhadap pemerintah untuk meningkatkan ekonomi yang stagnan. Di sisi lain, pemerintah harus melakukan pemotongan belanja negara yang memangkas lebih dari 300.000 pekerjaan di sektor publik dalam beberapa tahun ke depan.

Alan Clark, ekonom Scotia Capital mengemukakan bahwa kondisi tersebut merupakan bencana, dimana perekonomian sudah berada di ambang resesi ditambah pasar ekspor yang kian menurun.

Sedangkan Biro Statistik Australia melaporkan bahwa para penyedia lapangan kerja di Australia memangkas lapangan kerja sebanyak 29.300 pekerjaan pada Desember lalu. Demikian dilaporkan Australian Bureau of Statistics (ABS) belum lama ini. (ard/int)

Sumber : http://108csr.com/home/top_story.php?id=333

Ts : Waduu gaswat neh gan , makin tinggi aj neh tingkat kriminalitas, krn biasanya antara penganggurn dgn kriminalitas sgt erat hubungan'a..

kingjohn 26 Jan, 2012

Admin 26 Jan, 2012


-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/pengangguran-di-dunia-sebanyak-11.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment