Thursday, January 12, 2012

Penghasilan Sutisna alias Sule (Artis OVJ)



Beberapa tahun lalu nama Sutisna alias Sule, pelawak jebolan kontes lawak sebuah televisi swasta, belum apa-apa. Sekarang pemeran utama Opera Van Java itu sudah menjadi miliarder baru dengan memiliki lima rumah mewah di Bandung dan Jakarta serta beberapa mobil.

SIAPA yang tak mengenal Sule. Bagi penggemar Opera Van Java di Trans 7 atau Awas Ada Sule di Global TV pasti sudah akrab dengan pria yang dikenal sebagai pelawak terlahir era dua tahun terakhir ini. Bayangkan penghasilan Sule dalam sebulan saja kata sebuah sumber Berita Kota, bisa mencapai angka Rp 1 miliar dengan rincian Rp 20 juta – Rp 40 juta sekali tampil di Opera Van Java dan Awas Ada Sule. Belum ditambah penghasilan Sule dari yang lain. Sukses Sule ini pernah diraih Tukul yang membawakan acara Empat Mata, di Trans TV.

Karena sudah ter kenal, berjumpa dengan Sule sekarang bukan perkara gampang. Berita Kota yang sejak Jumat pekan lalu berusaha meminta waktu, baru Rabu (21/4), bisa bertemu di lokasi syuting Opera Van Java, di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan. Sule mengakui bahwa perjuangannya selama bertahun-tahun, sejak dia mengenal dunia lawak pada saat di bangkut SMP, baru sekarang meneguk hasilnya. Dahulu kata Sule bersama sang istri, dia hidup sangat sederhana bahkan bisa dibilang serba kekurangan. Bayangkan saja, kata Sule, dahulu dia tinggal di rumah petak kontrakan, yang kadang dibayar dengan uang pinjaman tetangganya. "Kalau dulu sih, boro-boro buat beli baju, bayar rumah sama makan saja harus meminjam dari tetangga", ujarnya.

Sule menikah dengan Lina (32), tahun 1997. Karena penghasilan dari melawak tidak tentu, untuk menutupi kebutuhan hidup, Sule bersama sang istri sempat berdagang ayam goreng serta berjualan baju kebaya. "Pendapatannya cuma Rp 20.000 sehari. Rp 1000, digunakan untuk belanja sayur, sebagian lagi beras, sabun dan untuk jajan anak. Itu juga nggak cukup," paparnya.

Lika liku makan asam garam dalam menempa perjalanan karirnya sudah dirasakan semua oleh ayah dari Rizki (12), Putri (8), dan Rizwan (2). Kini, sudah banyak masyarakat yang mengenal Sule sebagai pelawak sejati. Berkat kerja kerasnya itu, Sule mampu memenuhi kebutuhan keluarganya itu. Memiliki 5 rumah, dua mobil, serta dua buah sepeda motor yang masing- masing dipergunakan untuk sang anak tercinta, menjadi bukti kesuksesan dirinya dalammenjalani karir sebagai pelawak. "Saya bersyukur sekarang masa pace klik itu sudah berlalu. Tetapi berapa penghasilan saya sekarang? Biarlah hanya saya yang tahu," ujar Sule.

Bakat mcngocok perut penonton turun dari ayahnya yang sangat piawai dalam menghibur orang. "Bapak itu Lucu," kata Sule. Ayahnya adalah seorang pedagang bakso keliling. "Setiap bapak keliling (jualan bakso –Red) saya kadang-kadang ikut serta. Bapak aku jago banget bikin konsumen ketawa," katanya.

Bakat seni yang mengalir dari seorang tukang bakso itu, diasah Sule dengan menjajal berbagai alat musik, khususnya beragam alat musik tradisional Sunda. Di Bandung, saban kali digelar acara HUT Kemerdekaan RI, Sule tak pernah absen. "Awalnya saya maen musik. Tapi kok penonton malah bilang, saya lucu. Eh, malah jadi lawak," ujar ayah tiga anak ini.

http://blogbelajarpintar.blogspot.com
.

up2det 12 Jan, 2012


-
Source: http://www.faktabukanopini.up2det.com/2012/01/penghasilan-sutisna-alias-sule-artis.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment