Wednesday, January 4, 2012

Tantang SBY Pakai Mobil Lokal

[imagetag]

TRIBUNNEWS.COM SOLO- Wakil Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo menantang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menggunakan mobil produk dalam negeri. "Presiden harus berani revolusi, gunakan mobil produk anak bangsa," kata pria yang akrab disapa Rudy kepada Tribun Jogja, (03/01/2012). Presiden juga harus berani menghentikan impor mobil luar negeri dan 95 persen menggunakan mobil produk lokal.

Keberhasilan produksi mobil Kiat Esemka membuktikan bahwa mobil buatan dalam negeri tidak kalah dibandingkan mobil impor. Dirinya mendesak Kementerian Perhubungan untuk segera mengeluarkan surat izin laik jalan untuk mobil bikinan anak-anak SMK di Solo tersebut. "Sebenarnya sudah diurus ijin laik jalannya sejak dua tahun lalu. Tapi tidak kunjung ke luar," katanya.

Menurut Rudy, tertahannya izin laik jalan dari mobil lokal tersebut karena masih menggunakan mesin berstandar Euro 2 sementara yang ditetapkan Kemenhub mesin Euro 4. Padahal, lanjut dia, dari segi kualitas, mobil tersebut sangat nyaman dan layak dikendarai. "Kalau untuk mengurus ijin laik jalan harus ke Jakarta, kalau perlu mobilnya saya bawa ke Jakarta," katanya.

Namun Rudy memandang masih perlu ada perbaikan di beberapa bagian komponen mobil, di antaranya bagian dashboard dan setting mesin. "Namanya bikinan anak SMK, tentu masih perlu diarahkan. Tapi pasti bisa," katanya. Namun secara keseluruhan dirinya merasa nyaman mengendarai mobil tersebut.

Ada pemandangan berbeda di tempat parkir mobil Balai Kota Solo, Selasa (03/01/2011). Tak ada lagi mobil Toyota Camry 2002 yang terparkir di sana, melainkan mobil SUV Kiat Esemka yang terparkir. Mobil tersebut sudah dilengkapi dengan plat nomor berwarna merah AD 1 A, menandakan mobil tersebut merupakan mobil dinas wali kota.

Menurut Jokowi, mobil tersebut sangat nyaman dikendarai dan akan terus ia gunakan untuk operasional kerja keseharian. "Saya rasa nggak ada kekurangannya, bahus semuanya," kata wali kota yang akrab disapa Jokowi tersebut saat ditemui Tribun Jogja di Kantor Kecamatan Banjarsari.

Pasangan pimpinan Kota Solo, Wali Kota Joko Widodo dan Wakil Wali Kota FX Hadi Rudyatmo langsung menggunakan mobil dinas barunya sehari setelah diserah terimakan. Kemarin, dua unit mobil Kiat Esemka tersebut sudah beroperasi dan digunakan untuk operasional tugas. Wali Kota Solo mengendarai mobil tersebut dari Balai Kota ke Kantor Kecamatan Banjarsari, kemudian ke Loji Gandrung.

sumber : http://www.tribunnews.com/2012/01/03...ai-mobil-lokal


Tanggapan pak SBY :

Jokowi Pakai Mobil SMK, ini Tanggapan SBY

"Kalau dia mau menggunakan mobil itu ya silakan. Presiden tidak melarang."

VIVAnews - Kabar bahwa Walikota Solo, Joko Widodo memiliki mobil dinas baru karya anak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), "Kiat Esemka" telah berhembus sampai Istana.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, Susilo Bambang Yudhoyono telah mendengar kabar heboh tersebut. "Ya tentu, Bapak Presiden sudah mendengar adanya kreasi, inovasi, yang positif dari anak bangsa di Jawa Tengah," kata dia di Kompleks Istana Negara, Rabu 4 Januari 2012.

Julian menambahkan, keberhasilan perakitan mobil tersebut patut diapresiasi. Namun, sejauh ini belum ada pernyataan khusus dari kepala negara. "Nanti kalau ada yang perlu disampaikan oleh Bapak Presiden, akan saya sampaikan," kata dia.

Terkait keputusan Jokowi pakai mobil dinas rakitan, presiden tak mempermasalahkannya. "Kalau dia mau menggunakan mobil itu ya silakan. Presiden tidak melarang digunakan sebagai mobil dinas," kata Julian.

Bagaimana dengan isu momentum kebangkitan mobil nasional?

Menurut Julian, presiden belum menanggapi. "Saya belum sempat menanyakan kepada Bapak Presiden mengenai hal ini. Kalau nanti ada yang ingin beliau sampaikan, nanti akan saya sampaikan," katanya.

Ada dua mobil "Kiat Esemka" yang diproduksi SMK 2 dan SMK Warga. Satu untuk walikota, lainnya untuk wakil walikota.

Mobil ini berjenis SUV (Sport Utility Vehicle). Dari segi eksterior, mobil ini terlihat garang dan elegan, juga sporty.

Sementara, bagian interior mobil yang memiliki kapasitas tujuh penumpang ini, sudah dilengkapi dengan power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.

Menyusul Jokowi, para anggota DPR RI tak mau kalah memesan mobil Esemka. Ada Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Arwani Thomafi, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Tjahjo Kumolo, anggota Komisi I DPR, Roy Suryo, bahkan Ketua DPR RI, Marzuki Alie yang mengaku naksir mobil berharga Rp95 juta itu. (adi)
• VIVAnews

sumber : http://nasional.vivanews.com/news/re...-tanggapan-sby


pak SBY gak ngelarang, gitu doang tanggapanya :)

Masagung 04 Jan, 2012

Admin 04 Jan, 2012
-
Source: http://situs-berita-terbaru.blogspot.com/2012/01/tantang-sby-pakai-mobil-lokal.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment