Thursday, February 2, 2012

70 Persen Anggota DPR Tak Paham Pemilu; Pahamnya Bau Duit doank?

[imagetag]

70 Persen Anggota DPR Tak Paham Pemilu
Kamis, 2 Februari 2012 | 0:08

[JAKARTA] Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDI-P) Ganjar Pranowo mengatakan, sekitar 70 persen anggota DPR RI sekarang ini tidak paham tentang pemilu. Hal itu dikatakan Ganjar dalam diskusi bertema "Revisi UU Pemilu: Penghitungan Suara Pemilu 2014 Menggunakan IT atau Manual" di ruang wartawan DPR RI di Jakarta, Rabu (1/2), bersama Wakil Sekjen PPP Bidang IT, Sigit Haryanto dan peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Very Juanedi.

Ganjar lebih jauh menegaskan, agak sulit untuk mempercayai anggota DPR saat ini sangat memahami UU Pemilu, karena DPR bukanlah kelompok ahli, tetapi kelompok representatif. Karena itu, tidak mengherankan kalau banyak anggota DPR yang tidak paham soal detail pemilu. "Kami ini kan bukan kelompok ahli, tetapi kelompok representasi. Kami butuh para ahli," katanya.

Dikatakan, saat ini di Panja RUU Pemilu ada tujuh tenaga ahli. Mereka ditugaskan mencari metode yang pas untuk melengkapi kekuarangan yang dimiliki anggota dewan terkait pemilu. Sigit Haryanto menambahkan, walau tidak banyak anggota dewan yang sangat pakar dalam hal pemilu, PPP sangat berharap Pemilu 2014 nanti adalah pemilu yang bersih,yang tidak terkontaminasi kecurangan, dan sebagainya.

Karena itu, sebagai ahli di bidang IT, Sigit mengakui, PPP telah mengantisipasi berbagai kecurangan yang terjadi terkait penghitungan suara melalui e-counting. "Kami melihat, kecurangan penghitungan suara lewat IT itu ada di transparansi dan keterbukaan pemerintah, dalam hal ini KPU, untuk membeberkan proses in put data dari setiap tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu, Hadar Gumay dari Cetro, yang hadir sebagai perserta diskusi mengatakan, pihaknya masih bisa memahami jika ada anggota DPR RI sejak awal bertugas tidak memahami masalah pemilu. "Tetapi jika sampai saat ini masih banyak yang tidak paham, itu lucu namanya. DPR harus bekerja, bagaimana caranya dia harus memahami seluk-beluk soal pemilu," katanya
http://www.suarapembaruan.com/home/7...m-pemilu/16741


[imagetag]
Wakil Sekjen PPP Bidang IT, Sigit Haryanto (kiri) dan Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Revisi RUU Pemilu, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya kepercayaan dalam penghitungan suara pemilu. [SP/Gusti Lesek] Wakil Sekjen PPP Bidang IT, Sigit Haryanto (kiri) dan Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Revisi RUU Pemilu, Ganjar Pranowo menekankan pentingnya kepercayaan dalam penghitungan suara pemilu. [SP/Gusti Lesek]

[imagetag]

Mata Duitan, Marzuki Akui 70 persen Anggota DPR Bawa Petaka
Minggu, 29/05/2011, 18:20 WIB

Wakil Ketua DPR RI Pramono Anung mengkhawatirkan persepsi publik terhadap lembaga legislatif itu terus merosot dengan adanya beberapa kasus yang menimpa anggota DPR dan permasalahan lainnya. "Anggota DPR periode saat ini terus mendapatkan sorotan dari masyarakat, seperti rencana pembangunan gedung baru DPR, kasus Arifinto dan kasus baru yang menimpa M Nazaruddin serta kasus calo-calo anggaran," kata Pramono dalam diskusi publik "Kembalikan DPR kepada Rakyat" di Galeri Cafe, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta.

Ia mengatakan, memang hanya beberapa orang saja anggota DPR yang melakukan sikap tidak terpuji itu, namun yang dilihat oleh masyarakat adalah lembaganya, bukan perorangan. "Lembaga legislatif seharusnya dijaga dengan baik agar tidak tersangkut masalah," katanya. Bahkan sebelumnya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie mengatakan, 70 persen anggota DPR memperburuk citra lembaga wakil rakyat tersebut."70 persen yang muda dan baru-baru itu, justru malah membawa petaka," katanya beberapa waktu lalu di Denpasar, Bali, Sabtu (21/5/2011) seperti dilansir Vivanews.

Dikatakan prilaku para wakil rakyat tersebut hanya mementikan golongan dan proyek anggaran,"Yang duduk di DPR sekarang itu hanya mikir duit, dan duit saja. Hampir seperti selebriti, cari panggung, ngomong sana-ngomong sini. Sementara yang tidak bisa ngomong datang, absen lalu pulang," katanya
http://www.berita8.com/read/2011/05/...PR-Bawa-Petaka

--------------------

[imagetag]
[imagetag]


Masih mau memilih mereka di 2014?

xtrio 02 Feb, 2012

Mr. X 02 Feb, 2012


-
Source: http://ideguenews.blogspot.com/2012/02/70-persen-anggota-dpr-tak-paham-pemilu.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment