Sunday, February 5, 2012

Badai Matahari Makin Sering Sampai 2013

[imagetag]

Tiga ledakan besar terjadi di matahari selama pertengahan terakhir Januari 2012. Fenomena ini menandai bahwa bintang terdekat dari Bumi ini memasuki periode aktifnya.

Menurut peneliti matahari dari Observatorium Bosscha, Dhani Herdiwijaya, aktivitas matahari akan mencapai puncaknya pada tahun 2013. "Matahari semakin aktif hingga tahun depan," ujar dia.

Matahari merupakan bintang yang mengalami pasang-surut aktivitas. Sejak abad ke-15, peneliti mempelajari perubahan pada matahari dan menemukan bahwa periode aktif matahari berulang rata-rata setiap 11 tahun. Perulangan aktivitas ini kemudian dikenal sebagai siklus 11 tahunan matahari.

Aktivitas matahari bisa dilihat dari jumlah dan ukuran bintik matahari. Bintik ini merupakan daerah dengan medan magnet yang rapat. Akibatnya, suhu permukaan matahari di daerah ini lebih rendah dibandingkan suhu di sekitarnya sehingga terlihat hitam. Ledakan matahari sendiri terjadi di atas bintik saat medan magnet matahari mengalami arus pendek yang melemparkan partikel bermuatan ke sisi luar tata surya. "Ledakan bisa terjadi sewaktu-waktu," kata dia.

Saat ledakan terjadi, berbagai observatorium di permukaan Bumi bisa mengetahuinya delapan menit kemudian. Hal ini disebabkan ledakan menghasilkan cahaya terang yang membutuhkan waktu sekitar delapan menit untuk sampai di Bumi.

Partikel yang terlontar dari matahari sendiri membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai di Bumi. Karenanya, manusia memiliki waktu sekitar 2-3 hari untuk bersiap menghadapi badai matahari. Fenomena badai matahari sendiri bisa diibaratkan dengan tsunami, ledakan terjadi terlebih dahulu lalu disusul hantaman partikel beberapa waktu kemudian.

source: http://www.duniaproduk.com/indexberita.php?cpage=2&beritaid=26874&txtsearch;=&order=dtanggal&urut=desc&pageno=2&pageno2;=-8&idkategori;=&idpkategori;=
[imagetag]

Sangat Unik 04 Feb, 2012

Blogger 05 Feb, 2012


-
Source: http://bukanklikunic.blogspot.com/2012/02/badai-matahari-makin-sering-sampai-2013.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

No comments:

Post a Comment